Internet Marketing di Jaman Modern



Internet telah menjadi media yang terus berkembang fungsinya; tidak hanya sebagai media informasi tetapi juga sebagai media pemasaran dan media komunikasi. Internet juga digunakan oleh jasa social media marketing untuk melakukan pemasaran.

Data dari Internet World Stats menunjukkan sepanjang periode tahun 2000 – 2012, pertumbuhan pengguna internet di seluruh dunia mencapai 566% dengan Asia sebagai penyumbang terbesar sebanyak 44,8% dari total pengguna internet di seluruh dunia.

Indonesia menempati peringkat keempat di Asia dengan total pengguna internet sebanyak 55 juta. Penetrasi internet yang begitu besar serta terus menjadi pesatnya kenaikan infrastruktur internet di Indonesia, merangsang perkembangan progresif pada sistem penjualan online ataupun yang biasa diucap dengan bisnis online.


Sistem bisnis online lebih gampang buat dicoba serta tidak membutuhkan investasi yang besar baik di dini ataupun kala pengoperasiannya. Cuma memerlukan koneksi internet yang bagus selaku modal dini buat membangun bisnis online ini. 

Sifat pasar online yang sangat dinamis dan menuntut perubahanperubahan cepat, membutuhkan reaksi dan langkah yang tepat agar sebuah produk maupun jasa dapat bertahan dan memenangkan persaingan.

Strategi komunikasi pemasaran menjadi alat yang penting dan mulai diperhitungkan dengan serius dalam sistem pemasaran online untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, dimana cara penyampaian ke konsumen menjadi hal yang sangat penting.

Saat ini mayoritas barang atau produk yang menjadi andalan bisnis online adalah produk-produk berkaitan dengan gaya hidup (lifestyle) seperti fashion dan clothing, produk kecantikan dan kesehatan, serta teknologi dan gadget.

Bisnis online sendiri selain menggunakan platform miliki pribadi seperti website, juga menggunakan platform sosial media dalam memasarkan produk-produk dan jasanya, pemasaran melalui media social biasa dilakukan oleh jasa social media marketing. Salah satu platform sosial media yang paling popular adalah Facebook dan Twitter. Menurut data dari situs Socialbakers, pengguna facebook di Indonesia menempati peringkat keempat di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 51.515.480.

Posting Komentar

0 Komentar