Pengertian Viral Marketing

Pengertian viral marketing menurut Amstrong dan Kotler (2004:90) adalah versi internetnya dari penggunaan mulut ke mulut, yang memiliki hubungan dengan menciptakan sebuah e-mail atau cara pemasaran yang sangat menular sehingga konsumen atau pelanggan bersedia atau mau untuk menyebarkan dan menyampaikannya kepada teman-teman mereka. Viral marketing sering juga dimanfaatkan momennya oleh para digital agency khususnya yang menawarkan jasa social media marketing yang mana mereka memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran untuk menjangkau pemasaran.

Viral marketing adalah suatu teknik pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan media elektronik untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai oleh marketer yang dilakukan melalui proses komunikasi secara terus menerus atau berantai dan memperbanyak dri. Konsep cara kerja dari viral marketing ini sendiri seperti layakanya sebuah penyebaran virus, yaitu memperbanyak dirinya sendiri. Seorang konsumen yang puas dengan suatu produk yang mereka beli atau jasa yang mereka dapatkan, secara otomatis akan menyebarluaskan informasi atau produk tersebut kepada kerabat mereka untuk juga mencoba dan membuktikannya sendiri. Hal ini menjadi daya jual dari digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang mana menjadikan media sosial untuk mencari audience. Pemasaran dari mulut ke mulut yang diperkuat dengan efek dari jaringan sosial atau media sosial juga termasuk dalam viral marketing (Kotler, 2009).

Menurut Kotler (2009) viral marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang bertujuan untuk membuat orang seacra suka rela mau menyampaikan pesan pemasaran ke sesamanya. Dalam viral marketing ini konsumen yang puas akan melakukan pemasaran dari produk atau jasa tersebut sehingga upaya dan biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan akan menjadi minimal atau berkurang.

Posting Komentar

0 Komentar