Peran Sosial Media Marketing

Peran Sosial Media Marketing


Social media marketing terdiri dari upaya untuk menggunakan media sosial guna membujuk konsumen suatu perusahaan, untuk menggunakan produk dan/atau layanan yang berharga (Ward, 2010). Rognerud (2008) menyatakan bahwa social media marketing merupakan bentuk pemasaran internet yang berupaya mencapai tujuan pemasaran merek dan komunikasi melalui partisipasi di berbagai jaringan media sosial. Bagi anda yang mempunyai bisnis online dan tidak ada waktu untuk mengelola media sosial bisnia anda melalui jasa pengelola media sosial bisa memudahkan anda. Menurut Neti (2011) social media marketing terdiri dari upaya untuk menggunakan media sosial untuk membujuk konsumen yang satu perusahaan, produk dan/atau jasa yang berarti, social media marketing merupakan pemasaran yang menggunakan komunitas-komunitas online, jejaring sosial, blog pemasaran dan yang lainnya.

Menurut Neti (2011) keuntungan yang dimiliki melalui social media marketing adalah pertama, social media marketing menyediakan jendela kepada pemasar tidak hanya produk dan atau jasa saat ini tetapi mendengarkan keluhan serta saran dari konsumen; kedua social media marketing memudahkan pemasar untuk mengidentifikasikan berbagai peer groups atau influencers diantara berbagai kelompok; ketiga penggunaan social media marketing dapat dikatakan berbiaya nol karena kebanyakan situs jejaring sosial tidak berbayar. Untuk memudahkan mengelola medsos perusahaan atau bisnis anda,bisa menggunakan jasa pengelola media sosial.

Menurut Ananda, García, and Lamberti (2016) Ada Tiga kategori utama tindakan dalam Social Media Marketing yakni: representasi (representation), keterlibatan (engagement), dan mendengarkan (listeningin). (1) Representasi mencakup kegiatan sosial media yang berfokus pada penyampaian komunikasi pemasaran Terkait dengan profil perusahaan dan informasi tentang Produk. (2) Keterlibatan mencakup kegiatan sosial media yang berfokus pada interaksi dengan pelanggan (customer-relationship management) dan memberi nilai tambah bagi mereka (value-added proposition) sehingga menghasilkan keuntungan bagi Perusahaan (3) Mendengarkan yakni aktivitas sosial media yang bertujuan untuk riset dan intelijen pasar, seperti analisis konten media sosial, dan percakapan, tren, Kesempatan serta serta identifikasi yang relevan terhadap aktor dan influencer.

Posting Komentar

0 Komentar